Pada Sebuah Tempat..

image

Kenangan…

Benar adanya, kalau kenangan mungkin bisa didapat dari mana saja, bahkan dari sebuah tempat kecil sederhana.

ya, ditempat kecil itulah kamu yang masih muda ini pernah mencari nafkah dan mencoba mengumpulkan pengalaman. Disanalah kamu tengah berada bersama yang lainnya yang mungkin bernasib hampir sama.

Tempat yang kamu maksud itu tak lain adalah tempat yang dulunya hanyalah salah satu lantai paling atas di sebuah ruko (rumah toko) yang berada di tengah kota Bandung.

image

Waktu itu kamu masih mengakui dirimu sebagai seorang desainer grafis karena kamu baru lulus dari jurusan dekave.

Disana mungkin kamu pernah memiliki momen bahagia dan punya kenangan indah, tapi disana jugalah kamu sesungguhnya pernah menyaksikan dan merasakan saat temanmu pernah bersitegang dengan yang lainnya, saat temanmu pernah menitikkan air matanya di depanmu, saat temanmu pernah bersikap begitu bawel setiap harinya terhadapmu di tempat itu, saat temanmu pernah kecewa dengan makanan disitu, saat temanmu pernah kepanasan karena AC yang mati di tempat itu, saat kamu dan temanmu terpaksa datang dihari sabtu, saat kamu dipaksa lembur meski tak ingin, saat kamu dan temanmu terjebak sampai malam dan tidak bisa pulang, dan yang pasti intinya adalah ada saat dimana kamu dan temanmu setidaknya pasti pernah punya kekesalan dengan tempat itu.

tapi itu masa lalu..
hari ini kamu sudah tidak lagi di tempat itu, begitupun dengan temanmu yang lainnya, mereka juga sudah tidak berada di tempat itu.

Tapi anehnya malam ini kamu bersama teman lainnya malah tengah berkumpul di tempat yang berbeda dalam satu meja.

Dengan membawa segala ingatan yang masih membekas, hari ini kamu dan lainnya berkumpul kembali.

Bila ada orang yang bilang kebahagiaan didapat dari kenangan yang indah di masa lalu, malam ini pasti kamu akan berkata tidak setuju.

Oleh sebab malam ini kamulah yang merasakannya sendiri.

Pada meja itu ternyata apa yang kamu dan lainnya ceritakan bukanlah kumpulan kisah indah di masa lalu.

Kamulah itu orangnya yang berkumpul malam ini, kamu dan juga teman lainnya itu adalah sekumpulan orang yang mungkin bisa berkumpul dan bersatu karena adanya rasa kekesalan yang hampir serupa.

Kisah penderitaan, kisah kemarahan, kesedihan, kemirisan, kejengkelan, kecurangan, keterlambatan dan kemalasan dan hal-hal semacam itulah yang tadi kamu sebutkan itulah ternyata yang malah kamu ceritakan di meja itu.

Namun malam ini terlihat amat berbeda..
Kamu sama sekali tidak kesal,
Pada meja itu kamu dan mereka semua malah terlihat sedang tertawa bahagia..
Siapa bisa sangka, yang dulunya mungkin adalah luapan kemarahan serta kepulan kekesalan, ternyata malam ini malah berbalik menjadi kumpulan tawa kebahagiaan, yang indah bila ia dikenang dan diceritakan di waktu sekarang.

Hidup memang selalu berputar.
Kiranya hal tersebut dapat dijadikan pelajaran bagi kamu dan juga kalian bahwa sebenarnya rasa kesal itu sifatnya sementara. 🙂

image

 

20 oktober 2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *